Senin, 17 Desember 2012

SENI TRADISIONAL dan MANCANEGARA


    A.     SENI TRADISIONAL NUSANTARA.
Seni tradisional adalah bentuk seni yang berpedoman pada suatu aturan atau kaidah secara turun temurun.Seni tradisional juga merupakan unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu suku bangsa tertentu. Seni tradisional yang ada di suatu daerah berbeda dengan yang ada di daerah lain, meski pun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.
Seni tradisional terdiri dari :
1) Seni Primitif, yaitu seni yang lahir dari bentuk kebudayaan yang paling awal dan belum mendapat pengaruh dari luar.
2) Seni klasik, yaitu seni yang telah mengalami perkembangan dan penyempurnaan karena adanya pengaruh dari luar.

Ciri-ciri seni tradisional :
•Penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya, bisa berupa aktivitas religius maupun seremonial/istanasentris.
•Terikat dengan pakem-pakem tertentu.

Hampir seluruh seni tradisional Indonesia mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakter khas orang/masyarakat Indonesia, yaitu ramah dan sopan.Namun berhubung dengan perjalanan waktu dan semakin ditinggalkanya spirit dari seni tradisi tersebut, karakter kita semakin berubah dari sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan menjadi individual/egoistis.Begitu banyak seni tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia.

Seni sebagai media pengungkapan terbagi atas 5 cabang yaitu :
a. Seni rupa, yaitu seni yang mengungkapkan melalui media bahan, cat (pewarna), garis dan bentuk. Seni rupa tradisional, contohnya patung wamena dari Papua.
b. Seni musik, yaitu seni yang diungkapkan melalui media bunyi – bunyian atau suara. Musik tradisional, contohnya suling, angklung, serunai, rebab dan lain-lain.
c. Seni Tari, yaitu media seni yang diungkapkan melalui media gerakan tubuh. Tari tradisional, contohnya tari reog ponorogo, tari serimpi, tari saman dan lain-lain.
d. Seni sastra, yaitu seni yang diungkapkan melalui media kata dan bahasa. Sastra tradisional, contohnya mitos, legenda, hikayat, suluk dan lain-lain.
e. Seni Teater, yaitu seni yang diungkapkan melalui media kata, gerak, bunyi/suara dan rupa (merupakan seni multimedia).Teater tradisional, contohnya lenong, ludruk, kethoprak dan lain-lain.
B.SENI TRADISIONAL MANCANEGARA

SENI MUSIK TRADISIONAL
Setiap negara di dunia memiliki kebudayaan yang mencerminkan kekhasan masing-masing.Setiap negara juga memiliki pengalaman sejarah yang berbeda-beda, baik dari segi ideologi, karakter kehidupan sosial, lingkungan alam, maupun alat musik tradisional.Dalam hal kesenian, selain tarian dan sastra, setiap negara memiliki alat musik tradisional. Alat musik tradisional memiliki ciri dan keunikan tersendiri, baik dari bentuk maupun cara memainkannya.
Berikut ini merupakan contoh beberapa alat musik tradisional mancanegara :
1.      Balalaika (Rusia)
Balalaika merupakan alat musik tradisional Rusia yang sudah ada sejak 350 tahun lalu.Alat musik tradisional ini berbentuk segi tiga.Sebagian besar memiliki tiga senar, namun ada pula yang memiliki empat senar.
 2.      Gayageum (Korea)
Gayageum adalah alat musik petik tradisional Korea yang berupa kecapi dengan 12 senar.Alat musik ini diciptakan raja ke-6 dari Kerajaan Gaya, yakni Gasil.Gayageum kemudian disebarkan ke Kerajaan Silla dan masih dimainkan hingga kini.
 3.      Erhu (China)
Erhu merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer di samping Guzheng dan Dizi.Secara umum, keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah huqin yang berarti "alat musik orang barbar".Dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari Asia Tengah.

 4.      Koto (Jepang)
Koto adalah alat musik tradisional Jepang yang menyerupai kecapi.Alat ini masuk ke Jepang sejak abad ke-7.Di masa itu, koto dimainkan sebagai salah satu bagian musik Istana.Koto dimainkan sebagai alat musik tunggal, tanpa iringan alat musik lain, dan menjadi populer di masyarakat sejak abad ke-17.
5.      Birimbu (Brazil)
Birimbau merupakan alat musik tradisional dari Brasil yang digunakan dalam jogo atau permainan dalam capoeira.Beberapa bagian dari birimbau adalah kabasa, dobra, dan vagante.Dalam memainkannya, birimbau biasanya dilengkapi dengan satu alat musik lagi yang disebut dengan kasisi. Alat musik lain yang digunakan dalam permainan jogo adalah atabaki.
6.      Aulos (Yunani)
Aulos adalah alat musik tiup tradisional asal Yunani-Romawi.Aulos juga ditemukan di daerah Mesir dan sekitarnya.Alat musik ini terbuat dari kayu. Bentuknya terdiri atas dua buah tabung seruling yang disatukan dan memiliki empat atau lima lubang nada. Alat ini sulit untuk dimainkan karena memiliki dua buluh yang disatukan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar